Minggu, 10 Januari 2016

10 tempat wisata kuliner di Malang yang paling top

Malang yang merupakan salah satu kota tujuan wisata favorit di Jawa Timur ini ternyata menyimpan banyak kuliner lezat. Jika selama ini Anda akrab dengan istilah Malang Kota Apel, sekarang saatnya mengenal Malang lebih dekat lagi.
Malang bukan hanya tentang buah apel. Kota berhawa sejuk ini memiliki banyak sekali kuliner lezat yang nikmat disantap bersama keluarga maupun sahabat.
Berencana ke Malang? Catat 10 tempat wisata kuliner di Malang yang paling top berikut ini:
1. Toko Oen
Toko Oen
Udara Malang yang sejuk cenderung dingin tak menjadi penghalang untuk menikmati es krim lezat ala Toko Oen. Berlokasi di Jalan Basuki Rahmad, Toko Oen menyajikan es krim berbagai rasa dan menu lainnya seperti steak, nasi goreng juga aneka kue.
Tempat wisata kuliner yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1930 dan menjadi tempat nongkrong favorit Belanda saat itu. Kesan vintage masih bisa Anda saksikan dari arsitektur bangunan dan desain interior Toko Oen. Pintu dan jendela berkaca besar, meja dan kursi rotan serta koleksi piano tua akan membawa Anda menjelalah masa lalu ditemani semangkok es krim creamy.
Toko Oen menjadi salah satu tempat makan di Malang yang wajib dikunjungi. Bahkan terdapat istilah yang mengatakan, jangan bilang sudah datang ke Malang jika belum mencicipi es krim ala Toko Oen.
2. Bakso Bakar Trowulan
Image result for bakso bakar trowulan malang
Bakso Bakar trowulan
 Bakso Bakar Trowulan Abm, salah satu bakso bakar yang cukup terkenal di kota Malang. Lokasi bakso ini dekat dengan kampus ABM-STIE MALANG KUCECWARA, tepatnya di Jalan Candi Trowulan, Lowokwaru disebelah Masjid Trowulan . Pesan dari rekan Saya yang orang Malang, apabila Anda ingin mampir kesini, supaya mudah, sebut saja Bakso Bakar Trowulan ABM.
Yang unik dari Bakso bakar ini adalah cara masaknya, bakso ditusuk seperti layaknya sate dan dibakar diatas bara api. Kemudian Bakso Bakar diberi bumbu khas yang diracik dari kecap , saus dan sambel. Ada beragam pilihan rasa yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda: pedas , sedang dan biasa. Kalau menurut Saya, paling enak yang rasa pedas, sementara rasa biasa terlalu manis buat Saya
3. Bakso President
Bakso President
Bakso telah lama menjadi kuliner khas kota Malang. Meskipun bakso dapat dengan mudah ditemui di kota lain, namun menikmati kuliner ini d kota asalnya tentu saja memiliki sensasi tersendiri. Sebelum akhirnya berlokasi di Jalan Batanghari, bakso ini dijajakan dengan cara dipikul berkeliling.
Mengapa namanya Bakso President? Lokasi yang sekarang digunakan untuk membuka rumah makan, berada di belakang Bioskop President yang sekarang ini sudah beralih fungsi menjadi sebuah pusat perbelanjaan. Satu lagi yang unik dari tempat wisata kuliner ini adalah Anda bisa menikmati bakso di atas meja bergetar. Karena berada tepat di tepi rel kereta api, setiap kali ada kereta lewat, meja tempat bakso Anda akan bergetar.
Selain bisa menikmati bakso di tempat, Anda juga bisa membeli oleh-oleh di sini. Bakso President menyediakan oleh-oleh khas berupa keripik bakso yang garing dan enak.
4. Bakso Bakar Pahlawan
Bakso Bakar Pahlawan
Bakso Bakar Pahlawan merupakan salah satu bakso bakar yang terkenal di Malang. Terletak di Jl. Pahlawan Trip, bakso bakar ini merupakan salah satu tempat kumpul karena tempatnya yang nyaman untuk nongkrong. Selain bakso bakar, disini juga tersedia pangsit mie, siomay, serta gorengan. Rasa dari bakso bakar yang nikmat ini sebanding dengan harganya yang bersahabat.
5. Rawon Nguling Malang
Image result for rawon nguling malang
Depot Rawon Nguling inilah salah satu tempat kuliner di Malang yang nampak selalu ramai didatangi pengunjung, Ngalamers. Depot ini terletak tidak jauh dari alun-alun Kota Malang, tepatnya yakni di Jalan Zainal Arifin 62 Klojen. Lokasinya cukup mudah sekali ditemukan karena berdekatan dengan Plaza Malang, Mitra 1, dan Gajah Mada Plaza.
Di Depot Rawon Nguling, Ngalamers bisa mencicipi citarasa rawon yang super mantap dan nendang abisde. Daging rawonnya sungguh lembut dan dipotong besar-besar. Kuah rawonnya  nampak berwarna hitam tidak terlalu pekat dan tidak berlemak. Aroma bumbu rawonnya pun terasa harum menggoda bak menggambarkan kelezatan citarasanya. Di sini, Ngalamers bisa memesan dua varian rawon yakni Rawon Dhengkul dan Rawon Biasa.
Adapun beberapa contoh varian menu yang ditawarkan Depot Rawon Nguling ini, antara lain seperti:
Rawon Buntut - Rp 55.000
Nasi Rawon Biasa - Rp 24.000
Empal - Rp. 15.000
*harga dapat berubah sewaktu-waktu
Ngalamers yang mau berkunjung, sebaiknya datang ke Depot Rawon Nguling ini saat baru buka di jam-jam 10 atau 11 siang. Sebab kalau kesorean, Ngalamers bisa saja kehabisan. 

6. Pecel Glintung
Image result for pecel glintung malang 
Pecel Glintung Malang
Pecel Glintung Bu Yatirah, begitu namanya, memang cukup legendaris di Kota Malang bersama dengan beberapa nama pecel yang lain, seperti Pecel Kawi di Jalan Kawi dan Pecel Mustika di Panderman sekitar SMP Katolik Santa Maria. “Ibu saya, Bu Yatirah mulai jualan pecel tahun 1994. Resepnya dari Kediri karena ibu saya kelahiran Kediri,” kata Yekti Handayani, salah satu pengelola Pecel dan Rawon Glintung kepada Malang Post.
Lokasinya yang terletak di jalur utama Jalan Letjen S Parman Kota Malang memudahkan para pendatang yang berasal dari arah Surabaya dengan mudah menemukannya. Cukup berputar arah saja karena Pecel dan Rawon Glintung berada di bagian kanan jalan. “Sudah di sini sejak 2002, untuk lebaran ini kami tutup dari tanggal 29 dan buka kembali pada 3 September,” jelasnya. 
7. Pecel Kawi
Image result for pecel Kawi malang
Pecel Kawi
Pecel merupakan salah satu kuliner yang cocok disantap untuk sarapan di pagi hari. Berada di Malang, jangan lupa menikmati sarapan lezat di Pecel Kawi yang beralamat di Jalan Kawi Atas No. 43B. Pecel di sini telah menjadi langganan banyak wisatawan sejak tahun 1979. Bumbu pecelnya dikenal memiliki rasa yang khas, manis dan gurihnya berada dalam takaran yang pas.
Menemani santap pagi Anda, tersedia jamu beras kencur yang selain segar juga berkhasiat bagi kesehatan Anda. Tak hanya pecel, di sini juga tersedia nasi rawon, soto, lodeh dan campur. Jika ingin membawa bumbu pecel atau rempeyek sebagai oleh-oleh, Anda juga bisa membelinya di sini.
8. Sate Bunul Haji Paino
Sate Bunul Haji Paino
Warung Sate dan Gule Kambing Haji Paino Bunul ini sudah ada sejak tahun 1973 lo, Ngalamers. Kehadirannya yang cukup lama di Kota Kuliner ini menjadikan Sate dan Gule Kambing Haji Paino Bunul sebagai salah satu kuliner Malang yang cukup legenda dan banyak diburu pembeli.
Berbeda dengan kebanyakan jenis sate dan gule kambing pada umumnya, citarasa kelezatan aneka menu kambing di rumah makan ini sungguh juara. Pasalnya, selain daging kambingnya sangat empuk, 'bau kambing'nya pun tidak tercium sama sekali.

9. Soto Ayam Lombok
Image result for Soto Ayam lombok 
Jika mendengar nama “Soto Lombok”, mungkin rasa pedas yang teramat sangat yang menghampiri fikiran kita, atau mungkin soto yang satu ini berasal dari Lombok. Namun itu semua tidak ada yang benar, karena soto ini ternyata berada di Jl. Lombok No. 1, Malang. Sehingga soto ini dikenal dengan nama “Soto Lombok”. Salah satu penjual soto di Malang yang cukup legendaris, sudah berdiri sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu dengan cita rasa yang khas.
10. Nasi Bug Mathiroh
Image result for nasi buk matirah
Nasi Bug Mathiroh
Nasi Buk, yang sebenarnya diucapkan Nasi Bug, adalah masakan yang lahir di Malang, oleh orang asli Madura, yaitu ibu Matirah. Nama lengkapnya Warungnya adalah Nasi Bik Matirah, yang sebenarnya adalah rumah makan yang menjajakan makanan khas Madura. nama Buk sendiri karena yang menjual ibu -ibu, jadi munculah nama “Nasi Buk” yang berarati nasi yang jual ibu ibu, begitu kira-kira.
Nasi Buk standarnya adalah Nasi yang ditemani sayur lodeh nangka, sambal terasi dan seperti kebanyakan masakan madura lainnya, Ditaburi Serundeng. Namun untuk lauknya kita bisa memilih antara potongan daging ayam goreng, empal, babat,sate daging, tahu tempe bacem, dan banyak lainnya. Namun favorit saya adalah Mendol, Paru kering dan Dendeng Ragi.


1 komentar:

  1. Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !

    BalasHapus